PROPOSAL KEGIATAN
GELADIAN PIMPINAN REGU ( DIAN PINRU )
DAN PELANTIKAN DEWAN PENGGALANG
GUDEP 01. 140-141.S SMP NEGERI 8 MAGELANG
TAHUN 2013
A. Latar belakang dan Tema
Gerakan Pramuka Gugus Depan 01.140-141.S
SMP Negeri 8 Magelang merupakan wadah kegiatan pramuka yang aktif ikut
serta berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepramukaan di
wilayah Kwartir Cabang 11.30 Kota Magelang, Jawa Tengah.
Untuk lebih
memantapkan konsistensi sebagai pangkalan yang eksis menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan, baik internal maupun eksternal maka Gugus Depan SMP Negeri 8 Magelang
menyelenggarakan kegiatan Geladian Pimpinan Regu atau disingkat DIANPINRU Tahun
2013, sekaligus Pelantikan Dewan Penggalang Baru Masa Bakti 2013/2014. Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik
pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan
penggalang. Dianpinru merupakan sarana pemberian geladian atau latihan bagi
pemimpin regu dan wakil pemimpin regu. Dianpinru juga sebagai sarana bagi para
Pembina pramuka dan pembantu Pembina pramuka untuk menerapkan sistem among,
yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan
wakil pemimpin regu, untuk bersama-sama belajar mengelola dan memimpin regunya. Dewan Penggalan ( DP ), sebagai
pembantu Pembina sekaligus peserta didik Senior perlu di mantapkan
keberadaanya.
Kegiatan Dian
Pinru dan Pelantikan DP ini mengambil tema “ Bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia, dengan Mengamalkan Dasa Darma Pramuka “
B. Tujuan dan Sasaran
Tujuan Dianpinru adalah :
a. Membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap.
b. Mendorong para pembina pramuka dan pembantu pembina pramuka menerapkan
sistem among dan sistem beregu sebaik-baiknya.
c. Memberi latihan praktek secara praktis kepada para pemimpin regu dan wakil
pemimpin regu penggalang, dalam usaha mempraktekkan sistem beregu sebagai bekal
untuk mengelola dan memimpin regunya, serta membina kerjasama yang baik dalam
pasukannya.
Sasaran dianpinru adalah agar para pemimpin regu dengan dibantu oleh para
wakil pemimpin regunya mampu :
a. Mengelola dan memimpin regunya
b. Menyelenggarakan administrasi dan keuangan regunya
c. Merencanakan, melaksanakan dan mengadakan penilaian atas program kerja
serta acara latihan dan kegiatan regunya
d. Membuat laporan tentang pelaksanaan program kerja dan kegiatan regunya
e. Meningkatkan mutu kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dirinya sendiri dan
anggota regunya
f. Membina kerjasama yang baik dalam pasukannya
g. Bermusyawarah secara aktif dalam dewan penggalang di
pasukannya, untuk mewakili regunya
C. Dasar Kegiatan
- Anggaran Dasar Pramuka,
Bab II Pasal 9
- Anggaran Rumah Tangga Gerakan
Pramuka, Bab V Pasal 34 dan Pasal 37
3. Petunjuk Penyelenggaran Gladian
Pimpinan Regu Kwartir Nasional No : 029/KN/77 Tahun 1997
4. Hasil Keputusan rapat Dewan Pramuka
Penggalang beserta Pembina Pramuka yang dilaksanakan pada tanggal 8 Nopember 2013.
5. Program Kerja Tahunan Gugus Depan 01.140-141.S
SMP Negeri 8 Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014.
D.
Bentuk Kegiatan
1. Dianpinru dilaksanakan dalam bentuk latihan atau kegiatan praktek secara
praktis, dengan memberikan sekedar teori secara praktis pula, guna menjelaskan
segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan tersebut
2. Dianpinru dilaksanakan :
a. Tanpa bermalam, diadakan beberapa kali latihan dalam jangka waktu tertentu
b. Dengan bermalam ditenda dalam perkemahan atau dalam asrama kelas
E. Nama Kegiatan
Sesuai dengan maksud, tujuan dan
bentuk kegiatan ini di beri nama “ Geladian Pimpinan Regu” atau disingkat
(DIANPINRU) dan Pelantikan DP.
F.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1. Tanpa Bermalam
Hari, Tanggal : Minggu, 10 dan 17 Nopember 2013
Waktu : Pukul. 07.00 s/d 14.00
WIB
Tempat : SMP Negeri 8 Magelang
2. Dengan Bermalam
Hari, Tanggal : Sabtu – Minggu, 9 s/d 10
Nopember 2013
Waktu : Pukul 16.00 s.d 14.00 WIB
Tempat : SMP Negeri 8 Magelang
G. Peserta Kegiatan
Peserta
dianpinru dan
Pelantikan DP terdiri dari :
1. Para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang
2. Penggalang Ramu Kelas VIII, calom
Dewan Penggalang masa bakti 2013/2014.
3. DP Kelas IX, Penggalang Terap.
Jumlah
Peserta dianpinru dan
pelantikan DP terdiri dari :
1. Pinru : 28
anak
2. Wapinru : 28 anak
3. CDP : 23 anak
4. DP Kelas IX : 21
anak
Jumlah : 100 anak
H. Kepanitiaan
Panitia Kegiatan Dianpinru dan Pelantikan DP ini
adalah Pembina Pramuka Gudep. 01.140-141. S. SMP Negeri 8 Magelang. Susunan Terlampir.
I.
Metode Kegiatan
Kegiatan dan latihan dalam dianpinru dilaksanakan dalam bentuk praktek
secara praktis, dan dengan menggunakan metode dan sistem :
1.
Ceramah yang dilakukan dengan
banyak memberi pertanyaan dan kesempatan bertanya
2.
Musyawarah dalam wadah dewan
penggalang
3.
Diskusi
4.
Pemecahan persoalan
5.
Pengumpulan data dan gagasan
secara cepat
6.
Peran berperan
7.
Penampilan, peragaan dan pameran
8.
Kerja kelompok
9.
Penggunaan alat Bantu pandang
dengar dan alat peraga lainnya
10.
Pencatatan pelaporan dan
penilaian
11.
Wawancara
12.
Penggalakan (stimulans)
13.
Tak terduga dan menakjubkan
(surprise) dan sebagainya
J.
Materi Latihan Dianpinru
Mata latihan dalam diapinru terdiri dari teori dan latihan praktek secara
praktis yang meliputi :
1.
Kegiatan keagamaan dan santapan
rokhani
2.
Memahami dan mengamalkan
pancasila serta jiwa dan nilai-nilai 45
3.
Mengenal lingkungan masyarakat
negara dan pemerintah RI berdasarkan pancasila
4.
Disiplin pribadi dan
semangat/jiwa regu/pasukan
5.
Sejarah kepramukaan (secara
sederhana)
6.
Organisasi regu pasukan gugus depan dan
kwartir cabang
7.
Administrasi regu dan pasukan
8.
Dewan penggalang ( Ujian SKU )
9.
Peranan pemimpin regu dan peranan
regu dalam pasukan sistem beregu.
10.
Merencanakan mempersiapkan melaksanakan
membuat evaluasi dan laporan kegiatan.
11.
Cara melatih anggota regu dalam
melaksanakan SKU dan SKK
12.
Perkemahan dengan segala hal
ikhwalnya
13.
Api unggun dan nilai-nilai
pendidikan
14.
Jenis upacara dalam pasukan dan
gugus depan
15.
Mengenal tanaman dan hewan yang
berguna dan yang merusak/membahayakan
16.
Mengenal cuaca dan tanda-tanda
alam
17.
Kegiatan hastakarya berhasilguna
(produktif)
18.
Latihan olahraga ketrampilan
ketangkasan dan ketahanan mental ( Wide Game )
19.
Bakti Sosial
20.
Kegiatan lainnya
K. Anggaran
Kegiatan ini membutuhkan dana
sebesar Rp _____________ ( RAPBS ). Perincian Anggaran Terlampir
L. Lain-lain
Hal teknis lainya di jelaskan dalam petunjuk teknis. Telampir.
M.
Penutup
Dengan
segala keterbatasan yang ada, dengan kerjasama yang baik dan dukungan dari
semua pihak, baik moril maupun materiil demi kelancaran pelaksanaan kegiatan
ini. Usaha dan kerja keras kami tidak pernah cukup untuk kami berbenah diri.
Demikian
proposal ini kami buat, besar harapan kami Bapak Kepala
Sekolah mengabulkan permohonan kegiatan ini.
Salam Pramuka
Magelang, 7 Nopember 2013.
Ketua
Panitia Sekretaris
DANANG M. R.B PAROJI
NIP. 19610518 198303 1 007
Mengetahui
Waka
Kesiswaan Kepala Sekolah
PRIBADI
ANDAYANI, S.Pd BUDI WARGANA, S.Pd, M.Pd
NIP.
19591010
198609 2 001 NIP. 19630925 198601 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar