Rabu, 06 November 2013

Dian Pinru dan Pelantikan DP Spenapan Scout The Best 2016.

PROPOSAL KEGIATAN 
GELADIAN PIMPINAN REGU ( DIAN PINRU )
DAN PELANTIKAN DEWAN PENGGALANG
GUDEP 01. 140-141.S SMP NEGERI 8 MAGELANG
TAHUN 2013

A.  Latar belakang dan Tema
       Gerakan Pramuka Gugus Depan 01.140-141.S SMP Negeri 8 Magelang merupakan wadah kegiatan pramuka yang aktif  ikut serta berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepramukaan  di wilayah Kwartir Cabang 11.30 Kota Magelang, Jawa Tengah.
Untuk lebih memantapkan konsistensi sebagai pangkalan yang eksis menyelenggarakan kegiatan kepramukaan, baik internal maupun eksternal maka Gugus Depan SMP Negeri 8 Magelang menyelenggarakan kegiatan Geladian Pimpinan Regu atau disingkat DIANPINRU Tahun 2013, sekaligus Pelantikan Dewan Penggalang Baru Masa Bakti 2013/2014.  Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan penggalang. Dianpinru merupakan sarana pemberian geladian atau latihan bagi pemimpin regu dan wakil pemimpin regu. Dianpinru juga sebagai sarana bagi para Pembina pramuka dan pembantu Pembina pramuka untuk menerapkan sistem among, yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu, untuk bersama-sama belajar mengelola dan memimpin regunya. Dewan Penggalan ( DP ), sebagai pembantu Pembina sekaligus peserta didik Senior perlu di mantapkan keberadaanya.
Kegiatan Dian Pinru dan Pelantikan DP ini mengambil tema “ Bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan Mengamalkan Dasa Darma Pramuka


B.  Tujuan dan Sasaran
Tujuan Dianpinru adalah :
a.    Membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap.
b.    Mendorong para pembina pramuka dan pembantu pembina pramuka menerapkan sistem among dan sistem beregu sebaik-baiknya.
c.    Memberi latihan praktek secara praktis kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang, dalam usaha mempraktekkan sistem beregu sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin regunya, serta membina kerjasama yang baik dalam pasukannya.

Sasaran dianpinru adalah agar para pemimpin regu dengan dibantu oleh para wakil pemimpin regunya mampu :
a.    Mengelola dan memimpin regunya
b.    Menyelenggarakan administrasi dan keuangan regunya
c.    Merencanakan, melaksanakan dan mengadakan penilaian atas program kerja serta acara latihan dan kegiatan regunya
d.   Membuat laporan tentang pelaksanaan program kerja dan kegiatan regunya
e.    Meningkatkan mutu kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dirinya sendiri dan anggota regunya
f.     Membina kerjasama yang baik dalam pasukannya
g.    Bermusyawarah  secara aktif  dalam dewan penggalang di pasukannya, untuk mewakili regunya


C.   Dasar Kegiatan 
  1. Anggaran Dasar  Pramuka, Bab II Pasal 9
  2. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Bab V Pasal 34 dan Pasal 37
3.      Petunjuk Penyelenggaran Gladian Pimpinan Regu Kwartir Nasional No : 029/KN/77 Tahun 1997
4.      Hasil Keputusan rapat Dewan Pramuka Penggalang beserta Pembina Pramuka yang dilaksanakan pada tanggal 8 Nopember 2013.
5.      Program Kerja Tahunan Gugus Depan 01.140-141.S SMP Negeri 8 Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014.

D.   Bentuk Kegiatan
1.      Dianpinru dilaksanakan dalam bentuk latihan atau kegiatan praktek secara praktis, dengan memberikan sekedar teori secara praktis pula, guna menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan tersebut
2.      Dianpinru  dilaksanakan :
a.    Tanpa bermalam, diadakan beberapa kali latihan dalam jangka waktu tertentu
b.    Dengan bermalam ditenda dalam perkemahan atau dalam asrama kelas

E.    Nama Kegiatan
Sesuai dengan maksud, tujuan  dan bentuk kegiatan ini di beri nama “ Geladian Pimpinan Regu” atau disingkat (DIANPINRU) dan Pelantikan DP.

F.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1.  Tanpa Bermalam
Hari, Tanggal              : Minggu, 10 dan 17 Nopember 2013
Waktu                                     : Pukul. 07.00 s/d 14.00 WIB
Tempat                        : SMP Negeri 8 Magelang

2.  Dengan Bermalam
Hari, Tanggal              : Sabtu – Minggu,  9 s/d 10 Nopember 2013
Waktu                         : Pukul 16.00 s.d 14.00 WIB
Tempat                        : SMP Negeri 8 Magelang

G.  Peserta Kegiatan
Peserta dianpinru dan Pelantikan DP terdiri dari :
1.      Para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang
2.      Penggalang Ramu Kelas VIII, calom Dewan Penggalang masa bakti 2013/2014.
3.      DP Kelas IX, Penggalang Terap.

Jumlah Peserta dianpinru dan pelantikan DP terdiri dari :
1. Pinru                 :   28 anak
2. Wapinru           :   28 anak
3. CDP                 :   23 anak
4. DP Kelas IX    :   21 anak
Jumlah                  : 100 anak

H.   Kepanitiaan
Panitia Kegiatan Dianpinru dan Pelantikan DP ini adalah Pembina Pramuka Gudep. 01.140-141. S. SMP Negeri 8 Magelang. Susunan Terlampir.
I.     Metode Kegiatan
Kegiatan dan latihan dalam dianpinru dilaksanakan dalam bentuk praktek secara praktis, dan dengan menggunakan metode dan sistem :
1.      Ceramah yang dilakukan dengan banyak memberi pertanyaan dan kesempatan bertanya
2.      Musyawarah dalam wadah dewan penggalang
3.      Diskusi
4.      Pemecahan persoalan
5.      Pengumpulan data dan gagasan secara cepat
6.      Peran berperan
7.      Penampilan, peragaan dan pameran
8.      Kerja kelompok
9.      Penggunaan alat Bantu pandang dengar dan alat peraga lainnya
10.  Pencatatan pelaporan dan penilaian
11.  Wawancara
12.  Penggalakan (stimulans)
13.  Tak terduga dan menakjubkan (surprise) dan sebagainya

J.    Materi Latihan Dianpinru
Mata latihan dalam diapinru terdiri dari teori dan latihan praktek secara praktis yang meliputi :
1.      Kegiatan keagamaan dan santapan rokhani
2.      Memahami dan mengamalkan pancasila serta jiwa dan nilai-nilai 45
3.      Mengenal lingkungan masyarakat negara dan pemerintah RI berdasarkan pancasila
4.      Disiplin pribadi dan semangat/jiwa regu/pasukan
5.      Sejarah kepramukaan (secara sederhana)
6.      Organisasi regu pasukan gugus depan dan kwartir cabang
7.      Administrasi regu dan pasukan
8.      Dewan penggalang ( Ujian SKU )
9.      Peranan pemimpin regu dan peranan regu dalam pasukan sistem beregu.
10.  Merencanakan mempersiapkan melaksanakan membuat evaluasi dan laporan kegiatan.
11.  Cara melatih anggota regu dalam melaksanakan SKU dan SKK
12.  Perkemahan dengan segala hal ikhwalnya
13.  Api unggun dan nilai-nilai pendidikan
14.  Jenis upacara dalam pasukan dan gugus depan
15.  Mengenal tanaman dan hewan yang berguna dan yang merusak/membahayakan
16.  Mengenal cuaca dan tanda-tanda alam
17.  Kegiatan hastakarya berhasilguna (produktif)
18.  Latihan olahraga ketrampilan ketangkasan dan ketahanan mental ( Wide Game )
19.  Bakti Sosial
20.  Kegiatan lainnya

K.  Anggaran
Kegiatan ini membutuhkan dana sebesar Rp _____________ ( RAPBS ). Perincian Anggaran Terlampir

L.  Lain-lain
Hal teknis lainya di jelaskan dalam petunjuk teknis. Telampir.



M.     Penutup
Dengan segala keterbatasan yang ada, dengan kerjasama yang baik dan dukungan dari semua pihak, baik moril maupun materiil demi kelancaran pelaksanaan kegiatan ini. Usaha dan kerja keras kami tidak pernah cukup untuk kami berbenah diri.
Demikian proposal ini kami buat, besar harapan kami Bapak Kepala Sekolah mengabulkan permohonan kegiatan ini.

       Salam Pramuka

                                                                                                Magelang,  7 Nopember 2013.
            Ketua Panitia                                                              Sekretaris




            DANANG M. R.B                                        PAROJI  
            NIP.  19610518 198303 1 007

Mengetahui

            Waka Kesiswaan                                                         Kepala Sekolah




            PRIBADI ANDAYANI, S.Pd                                 BUDI WARGANA, S.Pd, M.Pd
            NIP.  19591010 198609 2 001                                   NIP. 19630925 198601 1 003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar